Fles atas belajar matematika

Pendekatan Nilai Phi

       Phi adalah sebuah konstanta dalam matematika yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya. Nilai dalam 20 tempat desimal adalah 3,14159265358979323846. Banyak rumus dalam matematika, sains, dan teknik yang menggunakan π, yang menjadikannya salah satu dari konstanta matematika yang penting.

    Phi adalah bilangan irasional, yang berarti nilai π tidak dapat dinyatakan dalam pembagian bilangan bulat. Nilai π yang lazim digunakan adalah 3,14 atau 22/7 namun untuk lebih tepatnya, sudah dicari sampai > 1,241,100,000,000 tempat desimal. Nilai π sampai 10 tempat desimal adalah 3,14159265358

Rumus pendekatan Phi (π):

                                              

      Phi tidak hanya sebuah nomor irasional tetapi juga bilangan yang sulit dipahami. Istilah Phi sendiri diambil dari huruf Yunani "Phiwas". Itu juga merupakan Abjad Yunani yang ke-16. Seorang pengusaha di Cleveland Amerika Serikat menerbitkan buku pada tahun 1931 yang mengumumkan bahwa nilai Phi adalah 256/81. Jika kita mencetak milyaran dari desimal Phi maka angka itu akan merengkang dari New York City ke Kansas. Fakta menarik lain mengenai Phi adalah kita tidak akan menemukan NOL dalam 31 digit pertamadalam Phi.




Langkah Sederhana Pendekatan nilai Phi


Alat dan Bahan:

Penggaris, Jangka sorong, tali, kalkulator, macam-macam benda yang berbentuk lingkaran dalam berbagai ukuran.

Cara Kerja:
  1. Pilihlah sebuah benda berbentuk lingkaran yang telah kamu dapatkan.
  2. Gunakan penggaris untuk mengukur panjang diameter benda yang berbentuk lingkaran tersebut, Catat Hasilnya !!! (bisa menggunakan jangka sorong)
  3. Lilitkan tali pada benda itu (lingkaran yang telah kamu dapatkan). Beri tanda pada tali tempat pertemuan ujung dan pangkalnya.
  4. Lepaskan tali dan bentangkan. Ukurlah panjang antara ujung dan pangkal tali. Catat Hasilnya !!! (Hasil ini merupakan keliling lingkaran)
  5. Bagilah keliling itu dengan diameter. Catat Hasilnya !!
  6. Ulangi kegiatan tersebut diatas dengan benda-benda berbentuk lingkaran berbagai ukuran.

Sumber:


MGMP Pekalongan
Sutanto, A. (2008). Buku Pintar Ilmu Pengetahuan Modern Untuk Anak Cerdas. Yogyakarta : Platinum
Forum diskusi Kaskus

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca silahkan tinggalkan komentar demi kemajuan bersama
Oke gan.....

Jadilah sosok kesatria sejati yang tak kenal menyerah dan mengalah, walaupun nantinya gagal minimal kau pernah bermimpi untuk dapat meraihnya...